Ramuan Herbal Untuk Penderita Batuk, Batuk Rejan, Bronkhitis, Gondok, Hidung Tersumbat, Influensa, Polip, Radang Anak Telinga, Sinusitis dan Tuberkulosis

Oke sahabat Dunia Informasi, Kali ini admin ingin berbagi tulisan tentang Ramuan Herbal Untuk Penderita Batuk, Batuk Rejan, Bronkhitis, Gondok, Hidung Tersumbat, Influensa, Polip, Radang Anak Telinga, Sinusitis dan Tuberkulosis.
Lansung ke pokok bahasannya ya...............


1. Ramuan Herbal Untuk Penderita Batuk
Penyakit batuk adalah reaksi tubuh untuk menangkis serangan berbagai penyakit, seperti influensa, tuberkulosis (TBC), radang paru-paru atau radang tonsil. Sebenarnya penyakit ini tidak bisa disembuhkan, kecuali sumber penyakitnya sembuh. Namun, gejala batuk bisa diringankan dengan memberikan berbagai ramuan tradisional. Berikut ini salah satu ramuan yang bisa di gunakan.

Bahan-bahan :
Lima belas biji cengkeh, satu biji buah pala, enam buah jeruk nipis, lima belas helai daun sirih.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Siapkan tiga gelas air, tumbuk cengkeh sampai halus, potong jeruk nipis menjadi dua bagian, campurkan semua bahan tersebut ke dalam panci, untuk merebus bahan tadi gunakan kuali dari tanah liat agar tidak terjadi korosi (karat), rebus ramuan ke dalam kuali hingga mendidih, saat merebus sebaiknya kuali tidak ditutup agar penguapan lebih cepat terjadi, angkat kuali setelah air rebusan tinggal separuhnya, dinginkan sejenak, lalu masukan ramuan ke dalam botol, minum tiga kali sehari dengan dosis empat sendok makan untuk orang dewasa, dua sendok makan sekali minum untuk anak-anak. Jika menghendaki rasa yang enak bisa ditambahkan madu secukupnya.

2. Ramuan Herbal Untuk Penderita Batuk Rejan
Batuk rejan adalah jenis batuk kering yang sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini mudah menular melalui bersin, batuk atau muntahan si penderita. Penyebabnya adalah udara dingin dan makanan yang banyak mengandung minyak.

Gejala :
  • Biasanya batuk datang secara tiba-tiba dan terjadi pada malam atau pagi hari yang dingin
  • Penderita akan terbatuk-batuk selama beberapa menit dengan rasa gatal di tenggorokan. Biasanya disertai dengan muntah dan keluarnya dahak yang pekat
  • Ketika serangan terjadi, wajah penderita tampak berwarna merah kebiruan, urat lehernya menegang dan matanya berair.
Bahan-bahan : Sepertiga genggam daun semanggi

Cara pemakaian dan pengobatanya :
Cuci daun semanggi sampai bersih. Rebus ke dalam 13 liter air. Biarkan air yang tersisa hanya seperempatnya. Taburkan gula secukupnya. Minum sebanyak dua kali sehari dengan dosis setengah gelas (60 cc) untuk sekali minum.

3. Ramuan Herbal Untuk Penderita Bronkhitis
Bronkhitis adalah panyakit yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Di daerah tersebut biasanya terjadi peradangan akibat basil dan berbagai zat polutan. Ada dau jenis penyakit ini, yaitu bronkhitis biasa dan bronkhitis kronis (menahun). Penyakit ini termasuk penyakit yang sangat menular. Penyebab utama penyakit bronkhitis biasa adalah kuman atau basil. Sementara untuk bronkhitis kronis faktor keturunan adalah salah satu penyebabnya.

Gejala :
  • Sering batuk-batuk dan disertai dengan keluarnya lendir yang banyak
  • Munculnya rasa nyeri dan panas pada bagian dada. Rasa nyeri ini terkadang juga menyerag tulang dada
  • Mengalami kesulitan bernapas. Biasanya dada terasa sesak 
  • Suhu tubuh meninggi akibat peradangan
  • Terkadang disertai gejala batuk yang mirip dengan asma
Bahan-bahan :
Dua kuntum bunga sepatu dan garam secukupnya.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Bunga sepatu dicuci sampai bersih. Masukan ke dalam satu gelas air masak. Jangan lupa ditambahkan sedikit garam. Peras dan saringlah. Minum dua kali sehari dengan dosis dua sendok makan untuk sekali minum.

4. Ramuan Herbal Untuk Penderita Gondok
Penyakit gondok tidak sama dengan penyakit gondong yang disebabkan oleh kekurangan yodium. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Seringkali penyakit ini muncul sebagai wabah yang menyerang anak-anak usia sekolah dasar.

Gejala :
  • Pembengkakan pada kelenjar ludah
  • Rasa tegang dan nyeri pada mulut, khususnya saat mengunyah dan menelan makanan
  • Berkurangnya selera makan yang disertai dengan seringnya muntah-muntah 
  • Suhu badan meninggi
  • Ada suara dengungan pada telinga.
Bahan-bahan :
Dua lembar daun simbar menjangan

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Cuci daun simbar menjangan hingga bersih. Giling sampai halus. Berikan garam dan air secukupnya. Oleskan pada bagian yang sakit dengan dosis dua kali sehari.

5. Ramuan Herbal Untuk Penderita Hidung Tersumbat (Rinitis)
Penyakit ini disebabkan oleh alergi. Faktor penyebab alergi juga beragam seperti debu rumah, tepung sari bunga (polen), udara dingin, asap rokok dan asap pabrik.

Gejala :
  • Hidung tersumbat
  • Kesulitan bernapas karena lubang hidung tersumbat
  • Terkadang disertai dengan gejala flu dan batuk
  • Keluar air mata akibat alergi dan rasa gatal
  • Terkadanh diikuti dengan demam
Bahan-bahan :
Tiga batang sereh, dua ruas jahe merah, tujuh biji cengkeh, tujuh biji kapulaga, satu batang kayu manis, satu sendok teh bubuk kayu secang.

Cara pemakain dan pengobatannya :
Cucilah jahe dan sereh hingga bersih kemudian dimemarkan. Rebus jahe dan sereh ke dengan enam gelas air. Setelah agak mendidih masukan cengkeh, kapulaga, kayu manis dan bubuk kayu secang. Biarkan hingga air rebusan tersisa tiga gelas. Setelah dingin, angkat dan saring ramuan tersebut. Masukan ke dalam botol yang bersih. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari sebanyak setengah gelas. Bisa juga ditambah satu sendok makan madu murni.

6. Ramuan Herbal Untuk Penderita Influensa
Penyakit ini disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular melaui bersin, batuk atau berbicara dengan penderita. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan. penderita akan sembuh dengan sendirinya ketika kondisi badannya membaik (fit).

Gejala :
  • Hidung berair dan tersumbat
  • Sering bersin
  • Kepala pusing dan pandangan terkadang berkunang-kunang
  • Terkadang disertai gejala batuk
  • Terjadi demam akibat radang di hiung dan tenggorokan 
Bahan-bahan :
Lima sendok makan air perasan jeruk nipis. Dua sendok teh minyak kayu putih dan satu sendok makan air kapur sirih.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Campurkan semua bahan. Oleskan ramuan ini pada leher, dada, dan punggung. Lakukan dua kali sehari sampai gejala benar-benar mereda.

7. Ramuan Herbal Untuk Penderita Polip
Polip adalah panyakit yang  menyerang rongga hidung. Penyebabnya adalah tumbuhnya daging kecil di dalam rongga hidung akibat peradangan rinitis alergica yang tidak segera diobati. Disanmping harus menjalani pengobatan, penderita tidak boleh memakan makanan yang menimbulkan alergi seperti udang, kepiting dan ikan tongkol. Jauhi media penyebab alergi berupa debu, serbuk sari bunga, bulu binatang, asap rokok dan asap pabrik.

Gejala :
  • Hidung terasa seperti tersumbat
  • Rongga hidung terasa gatal dan pedih
  • Sering bersin
  • Mata berair akibat alergi
  • Terkadang disertai dengan demam
Bahan-bahan :
Tujuh lembar daun sirih, satu genggam daun cemara, satu jari kunyit.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Kunyit dikupas kemudian diparut. Rebus menggunakan sepuluh gelas air bersama dengan bahan-bahan lain yang sudah dibersihkan. Biarkan mendidih sampai air yang tersisa hanya tinggal delapan gelas saja. Tuang air rebusan ke dalam panci. Cara pemakaiannya, selubungi/tutup kepala dengan handuk. Tempatkan posisi kepala tepat di atas panci lalu hirup uapnya. Lakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari sampai penyakit benar-benar hilang.

8. Ramuan Herbal Untuk Penderita Radang Anak Telinga
Radang anak telinga (Otitis interna) adalah penyakit yang disebabkan oleh melebarnya pembuluh cistachius di dalam rongga hidung. Akibatnya, ketuka terjadi radang disekitar tekak atau rongga hidung menjalarlah berbagai jenis basil menuju ke anak telinga. Selanjutnya, terjadilah peradangan yang bercampur dengan nanah pada anak telinga. Biasanya penyakit ini sering diikuti oleh gejala influensa.

Bahan-bahan :
Satu sendok makan biji kapas, seperempat genggam daun iler, satu jari rimpang kunyit.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Cuci bahan-bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus. Rebus dengan dua gelas air bersih hingga tinggal satu gelas air yang tersisa. Tunggu sampai dingin, kemudian disaring. Teteskan cairan tersebut ke dalam lubang telinga yang sakit. Dalam sehari lakukan empat kali penetesan. Setiap penetesan memerlukan 2-4 tetes ramuan.

9. Ramuan Herbal Untuk Penderita Penyakit Sinusitis
Sinusitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada rongga sinus, tepatnya pada sinus maxilaris dan sinus frontalis. Sinus maxilaris terdapat dibelakang hidung, tepatnya diantara pipi dan pangkal hidung. Sedangkan sinus frontalis terletak di rongga belakang pangkal hidung bagian atas yang berdekatan dengan dahi. Penyakit ini diakibatkan alergi atau rinitis yang tidak segera diobati.

Gejala :
  • Hidung tersumbat
  • Ingus berlebihan terutama saat terkena serangan alergan (peneyebab alergi)
  • Mata pedih dan berair
  • Sering bersin
  • Jika di-rontgen terdapat nanah pada rongga sinusnya
Bahan-bahan :
Lima tangkai batang sereh, tiga buaj jeruk nipis yang sudah tua, tujuh lembar daun sirih, tujuh belas biji cengkeh, dua jari jahe.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Kupas jahe dan sereh kemudian dimemarkan. Kupas juga kulit jeruk nipis dan belah menjadi empat bagian. Rebus semua bahan tersebut dengan enam gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa tiga gelas saja. Minum tiga kali sehari setelah makan dengan dosis setengah gelas sekali minum. Penderita tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan penyebab alergi seperti kepiting, udang dan ikan tongkol, hindari minum es dan berlama-lama di udara dingin. Gunakan jaket ketika berada di ruangan yang ber- AC.

10. Ramuan Herbal Untuk Penderita Tuberkulosis (TBC)
Tuberkulosis adalah salah satu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kuman TBC. Terapi pengobatan TBC harus dilakukan secara terus menerus sampai tuntas. Perlu dilakukan pemerikasaan lendir dan foto rontgen untuk memastikan serangan penyakit sehingga pengobatannya bisa segera dilakukan dengan akurat. Selama terapi medis dilakukan, bisa juga mengkonsumsi ramuan herbal untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan daya kerja paru.

Gejala :

  • Batuk berdarah
  • Frekuensi batuk sangat sering
  • Jika berjalan cukup jauh akan mengalami sesak napas
  • Terasa gatal di tenggorokan
  • Demam tinggi
  • Terkadang tersedak saat tidur karena cairan paru-paru keluar ke saluran napas bagian atas
Bahan-bahan :
Tiga lembar daun sirih, tujuh biji cengkeh, tujuh biji kemukus, tujuh biji kapulaga, satu jari kayu manis.

Cara pemakaian dan pengobatannya :
Cuci semua bahan. Masukan semua bahan kedalam air bersih sebanyak empat gelas. Rebus hingga air yang tersisa tinggal dua gelas saja. Dinginkan dan saring. Minum ramuan ini tiga kali sehari sebanyak seperempat gelas untuk sekali minum.


Oke sekian dulu ya sobat Dunia Informasi. Untuk artikel ramuan herbal lainnya akan menyusul. Semoga bermanfaat


Admin


Sumber Referensi : Ramuan Tradisional (Revisi), Penyusun Tim Redaksi Agromedia Pustaka, Penerbit :Agromeia Pustaka.

Sumber Gambar : http://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas-Referral/bh/Conditions/Pages/Nose-Cancer-Nasopharynx-Cancer.aspx



Share this post :

+ opmerkings + 1 opmerkings

11 Augustus 2018 om 01:01

Deposit Minimal Hasil Maximal !!!

Hanya bersama SMSQQ, Main game asik, Hanya modal 15rb kamu bisa main 8 game.. ada

bonusnya juga lho.

Bonus Cashback Terbesar dan Bonus Refferal Istimewa.

Don't forget main game poker online dan bandar poker.

Remember SMSQQ : Poker, domino, sakong online, aduq, capsa susun, bandarq, bandar

poker, bandar66.

BBM : 2AD05265

Plaas 'n opmerking

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dunia Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger